Pragmatik, 22 Mei 2024

 P     : "Maaf Ibu, saya kira akan dimulai tepat pada jam nya 07.30, dan saya mengira juga Ibu sudah                  sampai" 

Mt    : "Kamu memang bocah pinter"

Mt    : "Saya tadi guyon. Sebab saya tahu Anda pasti berat.  Nanti saya susulkan materi dan tugas baru."

P       : "Mohon maaf Ibu, jadinya  untuk ruang kelasnya di 309,  dikarenakan 308 sudah ditempati                    ruang kelasnya"

Mt     : "Pye ta, Mbak. Ora cetha ta omongku? Td saya sudah sampai sini jam 07.38. Ttp saya tidak                      melihat WA. Jawaban kalian kan tidak jelas bersedia/tidak."

Mt     :"Saya tadi guyon. Sebab saya tahu Anda pasti berat.  Nanti saya susulkan materi dan tugas baru."


Dari tuturan diatas, saya mendapatkan kesimpulan bahwa

1. Konteks: PERCAKAPAN ANTARA MAHASISWA DENGAN DOSEN DI RUANG CHAT                                    WHATSAPP. 

2. Termasuk dalam implikatur percakapan karena respon Mt membuat percakapan menjadi lebih lanjut. 

3.  "Saya tadi guyon. Sebab saya tahu Anda pasti berat.  Nanti saya susulkan materi dan tugas baru."

       Ini merupakan respon dr Mt yang bisa disebut dengan praanggapan, karena pranggapan yaitu sesuatu yang diasumsikan oleh penutur sebagai kejadian sebelum menghasilkan suatu tuturan yang tidak perlu diutarakan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senin, 27 November 2023

Pragmatik, 8 Mei 2024