Transkrip Vidio Youtube

 Transkrip film gagal mudik 

"Waduh, sudah jam empat.."

"Nasib perantauan, kontrakan seperti penjara gini, gak boleh keluar."

"Gusti, Indonesia berikanlah kesehatan dunia ini aman semuanya."

"Aku udah kangen simbok di kampung, udah pengin jalan-jalan refreshing."

"Otak ini butuh nutrisi, nda.."

"Kalau gini caranya aku mau pulang kampung aja."

"Mudik, mudik.. lha gimana? Di perantauan juga kayak gini, gak bisa keluar rumah, kerja juga gak bisa."

"Aku kangen, mbok.. aku kangen dimasakin, kangen dipijitin, pokoknya aku mudik, ketemu simbok dirumah, dimasakin, nyaman.."

"Mumpung badanku masih sehat."

"Sehat, pulang, aman, mantab!!"

"Bajunya yang bagus-bagus bawa pulang buat main di kampung."

"Kaos mantab ini.. wahhh, kaos untuk dibawa pulang."

"Kaos garangan ku mana, ya!!!"

"Wah mantab jiwa!!"

"Boneka ini ikut pulang atau tidak, ya."

"Aku kalo tidur gak peluk kamu gak bisa tidur.. beres!!"

"Simbok pasti udah kangen sama aku."

"Telfon simbok, kabar gembira buat simbok tercinta 

gaskennnn."

"Apa nak.. tanganku masih basah baru nyuci baju suruh pegang hp, nanti aja telfonnya

"Kok ga diangkat sih simbok."

"Tadi baru nyuci baju kok ditelfon."

"Tanganku basah.. nanti hpnya konslet."

"Mana.. tadi mau telfon kok ga jadi, yaudah tak tinggal masak aja."

"Halo nak.. ada apa nak?"

"Mbok.. aku pulang kampung ya mudik ya."

"Jangan pulang dulu ya nak, disana aja dulu baru musim virus."

"Gimana? masa aku gak pulang?"

"Aku kangen banget mbok."

"Kalau cuman pengen tak kirimin foto nak.."

"Gimana? fotoku cantik gak?"

"Jelas cantik dong."

"Sebenernya gapapa, aku kan sehat masuk angin juga nggak, Bagas waras gini kok."

"Ya, kamu kan anak muda badanmu sehat ga gampang kena virus."

"Lha, aku orangtua ini gimana?"

"Kamu pulang malah bawa virus."

"Apa gak kasian sama simbok?"

"Owalah iya ya mbok."

"Gak usah pulang dulu nak, yang penting duitnya aja pulangin."


Menganalisis elemen bahasa dan elemen makna pada film Dagelan Jawa Mbah Minto dan Ucup dari Klaten, yang berjudul, "Gagal Mudik". 

1. Elemen Makna (non fisik tuturan): 

a. Kangen (konsep abstrak)

Dibuktikan dari dialog, "di perantauan juga kayak gini, gak bisa keluar rumah, kerja juga gak bisa, aku kangen, Mbok.. Aku kangen dimasakin, kangen dipijitin, pokoknya aku mudik, ketemu simbok di rumah, dimasakin.. nyaman.."

2. Elemen Bahasa (elemen fisik tuturan)

a. Segmental: baju, kaos

Dibuktikan dari dialog, "bajunya bagus-bagus bawa pulang buat main di kampung.."

"Kaos mantab ini.. wahh.. kaos untuk dibawa pulang, kaos garangan ku mana, ya!!"

3. Jenis makna

a. Referensial

Dibuktikan dari dialog, "nasib perantauan, kontrakan seperti penjara gini.."

"Kaos mantab ini.. wahh.. kaos untuk dibawa pulang, kaos garangan ku mana, ya!!"

"Mbok.. aku pulang kampung, ya.."

b. Non referensial

Bukti dalam dialog, "pokoknya aku mudik, ketemu simbok di rumah, dimasakin..nyaman." (konjungsi di)

"Dunia ini aman semuanya."

"Otak ini butuh nutrisi."

"Bajunya yang bagus-bagus bawa pulang buat main di kampung." (Konjungsi yang)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senin, 27 November 2023

Pragmatik, 8 Mei 2024